Tips Memilih Printer

Printer sangat diperlukan untuk mencetak foto atau dokumen. Saat ini printer bukan hanya sebagai mesin cetak, tetapi dilengkapi dengan fitur-fitur canggih lainnya. Yang memudahkan anda dalam pengoperasiannya dan ada pula printer yang dapat terkoneksi dengan smartphone.

Berikut ini kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih printer. Untuk memudahkan anda dalam memilih printer sesuai kebutuhan anda.

Ini Tips Memilih Printer :

1. Alokasi Dana Untuk Membeli Printer

Banyak orang salah memilih printer, dikarenakan membatasi budget yang dikeluarkan. Sebaiknya printer dipilih berdasarkan nilai investasi yang akan menguntungkan serta meningkatkan produktifitas anda.

2. Berapa Volume Cetak Bulanan?

Mengecek jumlah halaman yang anda cetak dalam perbulannya sangat penting. Karena dapat mengukur seberapa banyak pengeluaran anda dalam hal cetak-mencetak dan seberapa sering anda mengganti tinta dan keperluan lainnya.

3. Apakah Memerlukan Printer Multifungsi?

Printer multifungsi memang harganya lebih murah, tatapi sebelum anda membelinya hendaklah mempertimbangkan kebutuhannya. Bisa jadi printer satu fungsi lebih bermanfaat daripada printer multifungsi, karena printer satu fungsi memiliki fitur-fitur yg lebih dalam hal pencetakan dua sisi kertas secara otomatis atau fray kertas yang berkapasitas besar. Maka pilihlah printer berdasarkan pertimbangan jangka panjangnya.

4. Perlukah Cetak Berwarna?

Kebanyakan dokumen memiliki tampilan hitam putih. Para perusahaan harus tahu seberapa perlu mencetak menggunakan dokumen berwarna, karena mencetak dokumen berwarna biayanya bisa 4 kali lipat. Dan terasa sangat mahal jika perusahaan mencetak dokumen berwarna demi kenyamanan saja. Untungnya sebagian printer bisnis dirancang untuk mencetak warna hitam saja. Anda harus mencari tahu printer mana yang dapat menghemat biaya perusahaan.

5. Kebutuhan Koneksi Nirkabel

Memilih printer dengan koneksi nirkabel adalah pertimbangan bijaksana dalam suatu kebutuhan, atau cukup dengan koneksi LAN. Bagi kantor yang karyawannya bekerja dari meja masing-masing mungkin koneksi nirkabel tidak dibutuhkan. Lagipula harga printer dengan koneksi nirkabel lebih mahal.

6. Perlukah Aksesoris Atau Komponen Tambahan?

Jika pemilik bisnis dapat memperkirakan ada peningkatan pada volume cetak, ada baiknya mempertimbangkan printer dengan kapasitas input kertas yang lebih besar misalnya 250 hingga 500 lembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *